Contoh Jurnal Sekolah

 1,412 total views

contoh jurnal sekolah
image source : bing.com

Selamat datang di artikel ini, di mana kita akan membahas contoh jurnal sekolah. Sebagai seorang penulis profesional, saya ingin membantu Anda memahami pentingnya jurnal sekolah dan memberikan contoh jurnal yang baik dan benar. Jurnal sekolah adalah sebuah catatan yang berisi kegiatan dan prestasi siswa selama di sekolah, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan refleksi untuk pengembangan diri.

Apa Itu Jurnal Sekolah?

Jurnal sekolah adalah catatan yang berisi kegiatan dan prestasi siswa selama di sekolah. Jurnal ini biasanya dibuat oleh siswa sendiri atau guru sebagai bahan evaluasi dan refleksi untuk pengembangan diri. Dalam jurnal sekolah, siswa dapat mencatat kegiatan yang dilakukannya, seperti kegiatan belajar, ekstrakurikuler, dan kegiatan sosial. Selain itu, siswa juga dapat mencatat prestasi yang diraihnya, seperti nilai ujian, penghargaan, dan sertifikat yang diperoleh.

Manfaat Membuat Jurnal Sekolah

Membuat jurnal sekolah memiliki banyak manfaat bagi siswa. Pertama, jurnal dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan refleksi diri. Dengan mencatat kegiatan dan prestasi yang dilakukan, siswa dapat melihat kelebihan dan kekurangan dirinya, serta memperbaiki kelemahan yang ada. Kedua, jurnal dapat membantu siswa untuk memotivasi diri. Dengan mencatat prestasi yang diraih, siswa akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus berprestasi. Ketiga, jurnal dapat membantu siswa untuk mengorganisir diri. Dengan mencatat jadwal dan kegiatan yang dilakukan, siswa dapat mengatur waktu dengan lebih baik dan tidak terlalu terbebani dengan tugas dan kegiatan yang harus dilakukan.

Cara Membuat Jurnal Sekolah

Ada beberapa cara untuk membuat jurnal sekolah yang baik dan benar. Pertama, tentukan tujuan jurnal. Apakah jurnal tersebut untuk evaluasi diri atau sebagai bahan refleksi? Kedua, tentukan isi jurnal. Apa saja kegiatan dan prestasi yang ingin dicatat? Ketiga, tentukan format jurnal. Apakah jurnal tersebut akan dibuat dalam bentuk buku atau dalam bentuk digital? Keempat, atur jadwal untuk mencatat kegiatan dan prestasi. Terakhir, lakukan evaluasi dan refleksi terhadap catatan yang dibuat.

Baca Juga :   Buku Tahunan Sekolah Tema Netflix

Contoh Jurnal Sekolah

Berikut adalah contoh jurnal sekolah untuk siswa SMA:

Senin, 1 Januari 2022

Belajar Fisika

Nilai Ujian: 90

Ekstrakurikuler Basket

Latihan basket: 2 jam

Selasa, 2 Januari 2022

Belajar Matematika

Nilai Ujian: 80

Ekstrakurikuler Paduan Suara

Latihan paduan suara: 2 jam

Rabu, 3 Januari 2022

Belajar Bahasa Inggris

Nilai Ujian: 85

Ekstrakurikuler Teater

Latihan teater: 2 jam

Kesimpulan

Jurnal sekolah adalah sebuah catatan yang berisi kegiatan dan prestasi siswa selama di sekolah, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan refleksi untuk pengembangan diri. Membuat jurnal sekolah memiliki banyak manfaat bagi siswa, seperti membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan refleksi diri, memotivasi diri, dan mengorganisir diri. Untuk membuat jurnal sekolah yang baik dan benar, tentukan tujuan jurnal, isi jurnal, format jurnal, atur jadwal untuk mencatat kegiatan dan prestasi, dan lakukan evaluasi dan refleksi terhadap catatan yang dibuat.

Tinggalkan Balasan