Materi Ekskul Pmr Smp

 1,108 total views

materi ekskul pmr smp
image source : bing.com

Selamat datang pada artikel ini, kali ini saya akan membahas mengenai materi ekskul PMR SMP. Ekskul PMR SMP merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat bermanfaat bagi siswa/i SMP. Melalui ekskul ini, siswa/i dapat mengembangkan kemampuan sosial dan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan atau bencana alam.

Materi Ekskul PMR SMP

Materi ekskul PMR SMP terdiri dari beberapa hal, diantaranya:

1. Pengetahuan Dasar Pertolongan Pertama

Pengetahuan dasar pertolongan pertama adalah materi wajib yang harus dikuasai oleh siswa/i. Materi ini terdiri dari cara memberikan bantuan pada korban kecelakaan atau bencana alam, seperti pernapasan buatan, kompresi jantung, dan lain-lain.

2. Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas

Materi ini berisi tentang cara menangani korban kecelakaan lalu lintas. Siswa/i akan belajar bagaimana memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas, seperti menghentikan pendarahan, memberikan bantuan pada korban yang pingsan, dan lain-lain.

3. Penanganan Bencana Alam

Materi ini berisi tentang cara menangani korban bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, banjir, dan lain-lain. Siswa/i akan belajar bagaimana memberikan pertolongan pertama pada korban bencana alam, seperti memberikan bantuan pada korban yang terjebak, memberikan bantuan pada korban yang kekurangan oksigen, dan lain-lain.

4. Kegiatan Simulasi

Setelah siswa/i belajar materi dasar, maka akan dilakukan kegiatan simulasi. Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa/i dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau bencana alam. Siswa/i akan berlatih dalam situasi yang mirip dengan kejadian sebenarnya.

Manfaat Ekskul PMR SMP

Melalui ekskul PMR SMP, siswa/i akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Baca Juga :   Ide Kado Untuk Hari Guru

Melalui ekskul ini, siswa/i akan terlatih dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, sehingga kemampuan sosial siswa/i akan meningkat.

2. Meningkatkan Kemampuan Pertolongan Pertama

Dengan mengikuti ekskul PMR SMP, siswa/i akan terlatih dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau bencana alam, sehingga kemampuan pertolongan pertama siswa/i akan meningkat.

3. Mengembangkan Kepribadian

Ekskul PMR SMP juga dapat membantu siswa/i dalam mengembangkan kepribadian yang baik, seperti keberanian, kerja sama, dan empati pada orang lain.

Kesimpulan

Ekskul PMR SMP merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat bermanfaat bagi siswa/i. Melalui ekskul ini, siswa/i dapat mengembangkan kemampuan sosial dan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan atau bencana alam. Dengan mengikuti ekskul PMR SMP, siswa/i akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga untuk kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan