Raih Impian! Intip Passing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya

Pasing Grade 2024 Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya

 2,873 total views


Raih Impian! Intip Passing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya

Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya: Raih Kesempatan Bergabung dengan Program Unggulan

Pasing grade merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa untuk dapat diterima di suatu program studi tertentu. Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah program kerjasama antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan berbagai universitas ternama di luar negeri. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sarjana, satu dari ITS dan satu lagi dari universitas mitra.

Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  • Mendapatkan dua gelar sarjana dari dua universitas yang berbeda.
  • Berkesempatan untuk belajar di luar negeri.
  • Meningkatkan kemampuan bahasa asing.
  • Memperluas jaringan internasional.

Salah satu momen bersejarah dalam perkembangan Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah ketika program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Saat itu, ITS bekerja sama dengan National Taiwan Ocean University (NTOU) untuk menyelenggarakan program joint degree di bidang teknik perkapalan.

Pada tahun-tahun berikutnya, ITS terus memperluas kerja sama dengan berbagai universitas ternama di luar negeri, seperti University of Southampton, University of Strathclyde, dan Newcastle University. Hal ini memungkinkan mahasiswa Teknik Perkapalan ITS untuk memiliki lebih banyak pilihan universitas mitra untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pasing grade 2024 Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya, serta tips dan trik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk.

Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya

Pasing grade merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa untuk dapat diterima di suatu program studi tertentu. Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah program kerjasama antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan berbagai universitas ternama di luar negeri. Berikut ini adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui tentang pasing grade 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya:

  • Pengertian: Nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya.
  • Fungsi: Menentukan kelayakan calon mahasiswa.
  • Manfaat: Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sarjana.
  • Tantangan: Persaingan yang ketat karena jumlah peminat yang tinggi.
  • Persyaratan: Nilai rapor yang baik, terutama di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris.
  • Ujian masuk: Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian keterampilan.
  • Pembobotan nilai: Nilai UTBK 60%, nilai ujian keterampilan 40%.
  • Pengumuman hasil: Sekitar satu bulan setelah ujian masuk.
  • Daftar ulang: Calon mahasiswa yang diterima wajib melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  • Persiapan: Belajar dengan giat, terutama untuk mata pelajaran yang diujikan dalam UTBK dan ujian keterampilan.

Pasing grade 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya dapat berubah setiap tahunnya, tergantung pada jumlah peminat dan daya tampung program studi. Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mencari informasi terbaru tentang pasing grade dari sumber-sumber terpercaya, seperti situs web resmi ITS Surabaya atau melalui jalur resmi lainnya.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, calon mahasiswa memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya dan meraih masa depan yang gemilang.

Pengertian

Pengertian nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya memiliki hubungan yang erat dengan _passing grade_ 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Passing grade merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa untuk dapat diterima di suatu program studi tertentu. Pengertian nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya menjadi dasar dalam menentukan _passing grade_ untuk program studi tersebut.

Nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya ditetapkan berdasarkan beberapa faktor, antara lain:

  • Jumlah peminat program studi.
  • Daya tampung program studi.
  • Nilai rata-rata rapor calon mahasiswa.
  • Hasil ujian masuk.

Nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya dapat berubah setiap tahunnya, tergantung pada perubahan faktor-faktor tersebut. Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mencari informasi terbaru tentang nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya dari sumber-sumber terpercaya, seperti situs web resmi ITS Surabaya atau melalui jalur resmi lainnya.

Dengan memahami pengertian nilai minimal untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk dan meraih nilai yang memenuhi _passing grade_. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya antara lain:

  • Belajar dengan giat, terutama untuk mata pelajaran yang diujikan dalam ujian masuk.
  • Mengikuti bimbingan belajar atau kursus persiapan ujian masuk.
  • Melatih kemampuan mengerjakan soal-soal ujian masuk.
  • menjaga kesehatan dan stamina fisik.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, calon mahasiswa memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya dan meraih masa depan yang gemilang.

Fungsi

Fungsi dari _passing grade_ 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah untuk menentukan kelayakan calon mahasiswa. Hal ini berarti bahwa _passing grade_ merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi tersebut. Jika calon mahasiswa tidak memenuhi _passing grade_, maka mereka tidak akan diterima di program studi tersebut, meskipun mereka memiliki nilai rapor yang tinggi atau prestasi akademik yang baik.

Penetapan _passing grade_ didasarkan pada beberapa faktor, antara lain:

  • Jumlah peminat program studi.
  • Daya tampung program studi.
  • Nilai rata-rata rapor calon mahasiswa.
  • Hasil ujian masuk.

Dengan demikian, _passing grade_ dapat berubah setiap tahunnya, tergantung pada perubahan faktor-faktor tersebut. Calon mahasiswa perlu mencari informasi terbaru tentang _passing grade_ dari sumber-sumber terpercaya, seperti situs web resmi ITS Surabaya atau melalui jalur resmi lainnya.

Fungsi _passing grade_ dalam menentukan kelayakan calon mahasiswa sangat penting. Hal ini karena _passing grade_ memastikan bahwa hanya calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan prestasi akademik yang baik yang diterima di program studi tersebut. Dengan demikian, _passing grade_ membantu menjaga kualitas program studi dan lulusannya.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, _passing grade_ untuk _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah 600. Artinya, calon mahasiswa harus mendapatkan nilai minimal 600 pada ujian masuk untuk dapat diterima di program studi tersebut. Jika calon mahasiswa tidak memenuhi _passing grade_, maka mereka tidak akan diterima di program studi tersebut, meskipun mereka memiliki nilai rapor yang tinggi atau prestasi akademik yang baik.

Penetapan _passing grade_ yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas program studi dan lulusannya. Jika _passing grade_ terlalu rendah, maka akan banyak calon mahasiswa yang diterima di program studi tersebut, meskipun mereka tidak memiliki kemampuan dan prestasi akademik yang baik. Hal ini akan menurunkan kualitas program studi dan lulusannya.

Sebaliknya, jika _passing grade_ terlalu tinggi, maka akan sedikit calon mahasiswa yang diterima di program studi tersebut, meskipun mereka memiliki kemampuan dan prestasi akademik yang baik. Hal ini akan membuat program studi tersebut sulit untuk memenuhi daya tampungnya dan lulusannya akan sedikit.

Oleh karena itu, penetapan _passing grade_ yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas program studi dan lulusannya. _Passing grade_ harus ditetapkan berdasarkan faktor-faktor yang relevan, seperti jumlah peminat program studi, daya tampung program studi, nilai rata-rata rapor calon mahasiswa, dan hasil ujian masuk.

Manfaat

Salah satu manfaat utama dari _passing grade_ 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sarjana. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, karena mahasiswa dapat memperoleh dua gelar sarjana dari dua universitas yang berbeda, satu dari ITS dan satu lagi dari universitas mitra.

  • Pengakuan internasional: Lulusan _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya akan mendapatkan dua gelar sarjana yang diakui secara internasional. Hal ini akan memudahkan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja di perusahaan multinasional.
  • Keahlian dan pengetahuan yang lebih luas: Mahasiswa _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya akan mendapatkan keahlian dan pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan mahasiswa program sarjana reguler. Hal ini karena mereka akan belajar di dua universitas yang berbeda dengan kurikulum dan metode pembelajaran yang berbeda.
  • Jaringan internasional: Mahasiswa _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya akan memiliki kesempatan untuk membangun jaringan internasional dengan mahasiswa dan dosen dari universitas mitra. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dalam mengembangkan karier di bidang teknik perkapalan.
  • Peluang kerja yang lebih luas: Lulusan _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya akan memiliki peluang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan lulusan program sarjana reguler. Hal ini karena mereka memiliki dua gelar sarjana dari dua universitas yang berbeda, sehingga mereka akan lebih diminati oleh perusahaan-perusahaan terkemuka.
Baca Juga :   Panduan Jitu Raih Pasing Grade 2024 Teknologi Informasi ITS Surabaya!

Dengan demikian, _passing grade_ 2024 _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sarjana, meningkatkan keahlian dan pengetahuan, membangun jaringan internasional, dan memperoleh peluang kerja yang lebih luas. Hal ini membuat _joint degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya menjadi pilihan yang tepat bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknik perkapalan.

Tantangan

Pasing Grade 2024 Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa untuk dapat diterima di program studi tersebut. Tantangan yang dihadapi dalam mencapai passing grade ini adalah persaingan yang ketat karena jumlah peminat yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari data penerimaan mahasiswa baru ITS Surabaya pada tahun 2023, di mana program studi Teknik Perkapalan merupakan salah satu program studi dengan jumlah peminat tertinggi.

Persaingan yang ketat ini menyebabkan passing grade untuk program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya menjadi tinggi. Pada tahun 2023, passing grade untuk program studi ini adalah 600. Artinya, calon mahasiswa harus mendapatkan nilai minimal 600 pada ujian masuk untuk dapat diterima di program studi tersebut. Persaingan yang ketat ini juga menyebabkan banyak calon mahasiswa yang tidak dapat diterima di program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya, meskipun mereka memiliki nilai rapor yang tinggi dan prestasi akademik yang baik.

Tantangan persaingan yang ketat karena jumlah peminat yang tinggi ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Selain itu, calon mahasiswa juga perlu mencari informasi terbaru tentang passing grade untuk program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya agar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Meskipun persaingan yang ketat, program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya tetap menjadi pilihan yang tepat bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknik perkapalan. Program studi ini menawarkan kurikulum yang berkualitas, fasilitas yang lengkap, dan tenaga pengajar yang berpengalaman. Selain itu, lulusan program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan demikian, tantangan persaingan yang ketat karena jumlah peminat yang tinggi merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Namun, dengan persiapan yang matang dan kerja keras, calon mahasiswa dapat menghadapi tantangan ini dan meraih passing grade yang tinggi.

Persyaratan

Dalam konteks Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya, persyaratan nilai rapor yang baik, terutama di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris, memegang peranan penting.

Hubungan Sebab Akibat: Persyaratan nilai rapor yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam pencapaian Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Hal ini disebabkan karena ketiga bidang tersebut merupakan dasar fundamental dalam bidang teknik perkapalan. Kemampuan yang kuat di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris akan memudahkan calon mahasiswa dalam memahami materi kuliah dan menyelesaikan tugas-tugas akademik.

Komponen: Persyaratan nilai rapor yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris merupakan komponen penting dalam Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Ketiga bidang tersebut menjadi dasar untuk memahami konsep-konsep teknik perkapalan yang lebih kompleks. Mahasiswa dengan nilai rapor yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris akan lebih siap untuk mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas akademik dengan baik.

Contoh: Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya, calon mahasiswa dengan nilai rapor yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris cenderung memiliki peluang lebih besar untuk diterima dibandingkan dengan calon mahasiswa dengan nilai rapor yang kurang baik di bidang tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rapor yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam proses seleksi.

Aplikasi: Pemahaman yang baik di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris sangat penting dalam berbagai bidang teknik perkapalan, seperti desain kapal, konstruksi kapal, dan operasi kapal. Lulusan _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya yang memiliki nilai rapor yang baik di bidang tersebut akan memiliki bekal yang kuat untuk berkarier di bidang teknik perkapalan.

Kesimpulan: Persyaratan nilai rapor yang baik, terutama di bidang matematika, fisika, dan bahasa Inggris, merupakan faktor penting dalam pencapaian Pasing Grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Nilai rapor yang baik di bidang tersebut menjadi indikator kemampuan dasar calon mahasiswa dalam memahami konsep-konsep teknik perkapalan dan menyelesaikan tugas-tugas akademik. Dengan demikian, calon mahasiswa yang ingin diterima di _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya harus mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi persyaratan nilai rapor tersebut.

Ujian masuk

Ujian masuk merupakan salah satu tahap penting dalam seleksi calon mahasiswa _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Ujian masuk tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian keterampilan.

  • UTBK:

    UTBK merupakan ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK meliputi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Bahasa Inggris.

  • Ujian keterampilan:

    Ujian keterampilan merupakan ujian yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya untuk menguji kemampuan calon mahasiswa di bidang teknik perkapalan. Ujian keterampilan meliputi ujian gambar teknik, ujian matematika dasar teknik, dan ujian fisika dasar teknik.

  • Pembobotan nilai:

    Nilai UTBK dan ujian keterampilan memiliki bobot yang berbeda dalam menentukan kelulusan calon mahasiswa. Nilai UTBK memiliki bobot 60%, sedangkan nilai ujian keterampilan memiliki bobot 40%. Nilai akhir calon mahasiswa merupakan gabungan dari nilai UTBK dan ujian keterampilan.

  • Pengumuman hasil:

    Hasil ujian masuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya akan diumumkan sekitar satu bulan setelah ujian masuk dilaksanakan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk wajib melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Ujian masuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya merupakan salah satu ujian masuk yang cukup kompetitif. Hal ini karena jumlah peminat program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya cukup tinggi, sedangkan daya tampung program studi tersebut terbatas. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang ingin diterima di _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk tersebut.

Pembobotan nilai

Dalam rangka seleksi calon mahasiswa _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya, nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian keterampilan memiliki bobot yang berbeda dalam menentukan kelulusan. Nilai UTBK memiliki bobot 60%, sedangkan nilai ujian keterampilan memiliki bobot 40%. Pembobotan nilai ini memiliki beberapa komponen penting yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa.

  • Nilai UTBK:

    Nilai UTBK merupakan hasil ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK meliputi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Bahasa Inggris.

  • Nilai ujian keterampilan:

    Nilai ujian keterampilan merupakan hasil ujian yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya untuk menguji kemampuan calon mahasiswa di bidang teknik perkapalan. Ujian keterampilan meliputi ujian gambar teknik, ujian matematika dasar teknik, dan ujian fisika dasar teknik.

  • Konversi nilai:

    Nilai UTBK dan ujian keterampilan memiliki skala penilaian yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum digabungkan, nilai UTBK dan ujian keterampilan harus dikonversi ke dalam skala penilaian yang sama. Konversi nilai dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu yang ditetapkan oleh ITS Surabaya.

  • Nilai akhir:

    Nilai akhir calon mahasiswa merupakan gabungan dari nilai UTBK dan ujian keterampilan yang telah dikonversi. Nilai akhir dihitung dengan menggunakan rumus: Nilai akhir = (Nilai UTBK x 0,6) + (Nilai ujian keterampilan x 0,4).

Pembobotan nilai UTBK dan ujian keterampilan ini memiliki implikasi penting bagi calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang memiliki nilai UTBK yang tinggi tetapi nilai ujian keterampilan yang rendah, atau sebaliknya, akan memiliki peluang yang lebih kecil untuk diterima di _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi baik UTBK maupun ujian keterampilan agar dapat memperoleh nilai yang tinggi di kedua ujian tersebut.

Pengumuman hasil

Pengumuman hasil ujian masuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya biasanya dilakukan sekitar satu bulan setelah ujian masuk dilaksanakan. Pengumuman hasil ini tentunya menjadi momen yang sangat penting bagi para calon mahasiswa yang telah mengikuti ujian masuk. Hasil ujian masuk akan menentukan apakah mereka diterima atau tidak di program studi Teknik Perkapalan ITS Surabaya.

Pengumuman hasil ujian masuk juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap _passing grade_ 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. _Passing grade_ merupakan nilai minimal yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi tersebut. _Passing grade_ ditentukan berdasarkan hasil ujian masuk dan daya tampung program studi.

Jika hasil ujian masuk menunjukkan bahwa banyak calon mahasiswa yang memperoleh nilai tinggi, maka _passing grade_ untuk tahun 2024 kemungkinan besar akan tinggi. Sebaliknya, jika hasil ujian masuk menunjukkan bahwa banyak calon mahasiswa yang memperoleh nilai rendah, maka _passing grade_ untuk tahun 2024 kemungkinan besar akan rendah.

Oleh karena itu, calon mahasiswa yang ingin diterima di _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk. Mereka harus belajar dengan giat dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Dengan demikian, mereka akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi tersebut.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, _passing grade_ untuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya adalah 600. Artinya, calon mahasiswa harus memperoleh nilai minimal 600 pada ujian masuk agar dapat diterima di program studi tersebut. Pada tahun 2024, _passing grade_ untuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya kemungkinan besar akan berubah, tergantung pada hasil ujian masuk tahun 2024.

Memahami hubungan antara pengumuman hasil ujian masuk dan _passing grade_ 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Daftar ulang

Pengumuman hasil ujian masuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya biasanya dilakukan sekitar satu bulan setelah ujian masuk dilaksanakan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk wajib melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Daftar ulang merupakan proses administrasi yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa untuk mengkonfirmasi penerimaan mereka di program studi tersebut.

  • Jadwal daftar ulang:

    Jadwal daftar ulang biasanya diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian masuk. Calon mahasiswa harus memperhatikan jadwal daftar ulang dengan saksama dan melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal tersebut.

  • Persyaratan daftar ulang:

    Calon mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus membawa persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh ITS Surabaya. Persyaratan tersebut biasanya meliputi:

  • Ijazah SMA/SMK/sederajat asli dan fotokopinya.
  • Nilai rapor SMA/SMK/sederajat asli dan fotokopinya.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopinya.
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.
  • Prosedur daftar ulang:

    Prosedur daftar ulang biasanya dilakukan secara online melalui situs web ITS Surabaya. Calon mahasiswa harus mengikuti prosedur daftar ulang sesuai dengan panduan yang diberikan oleh ITS Surabaya.

  • Pembayaran biaya kuliah:

    Calon mahasiswa yang telah melakukan daftar ulang harus membayar biaya kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di ITS Surabaya. Biaya kuliah dapat dibayarkan melalui bank atau melalui metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh ITS Surabaya.

Daftar ulang merupakan salah satu tahap penting dalam proses penerimaan mahasiswa baru di _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Calon mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan akan dianggap mengundurkan diri dari program studi tersebut. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus ujian masuk harus segera melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Persiapan

Persiapan yang matang merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai passing grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Persiapan ini mencakup berbagai aspek, salah satunya adalah belajar dengan giat, terutama untuk mata pelajaran yang diujikan dalam UTBK dan ujian keterampilan.

  • Menguasai materi:

    Calon mahasiswa harus menguasai materi yang diujikan dalam UTBK dan ujian keterampilan secara menyeluruh. Penguasaan materi ini dapat diperoleh dengan mengikuti pelajaran di sekolah dengan saksama, membaca buku-buku pelajaran, dan mengerjakan soal-soal latihan.

  • Memahami konsep:

    Selain menghafal materi, calon mahasiswa juga harus memahami konsep-konsep yang mendasarinya. Pemahaman konsep ini akan membantu calon mahasiswa dalam menjawab soal-soal ujian yang lebih kompleks dan tidak hanya sekedar menghafal.

  • Berlatih mengerjakan soal:

    Calon mahasiswa harus membiasakan diri mengerjakan soal-soal ujian UTBK dan ujian keterampilan. Berlatih mengerjakan soal akan membantu calon mahasiswa dalam meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal.

  • Mengikuti bimbingan belajar:

    Bagi calon mahasiswa yang merasa kesulitan dalam belajar sendiri, mengikuti bimbingan belajar dapat menjadi pilihan yang tepat. Bimbingan belajar dapat membantu calon mahasiswa dalam memahami materi dan mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih baik.

Dengan melakukan persiapan yang matang, calon mahasiswa akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai passing grade 2024 _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Persiapan ini juga akan membantu calon mahasiswa dalam menghadapi ujian masuk dengan lebih percaya diri dan tenang.

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 2.000 100 20
2 2021 2.200 120 18,33
3 2022 2.500 150 16,67
4 2023 2.800 180 15,56
No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ke-taatan
1 2020 2.000 100 0,05
2 2021 2.200 120 0,054
3 2022 2.500 150 0,06
4 2023 2.800 180 0,064

Keterangan:* Nilai Kompetisi = Jumlah Pendaftar / Daya Tampung* Nilai Ke-taatan = Daya Tampung / Jumlah PendaftarNilai Kompetisi menunjukkan tingkat persaingan untuk masuk ke program studi _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Semakin tinggi Nilai Kompetisi, semakin ketat persaingannya. Nilai Ke-taatan menunjukkan tingkat keterisian daya tampung program studi. Semakin tinggi Nilai Ke-taatan, semakin banyak daya tampung yang terisi.

TIPS Mempersiapkan Diri untuk Ujian Masuk _Joint Degree_ Teknik Perkapalan ITS Surabaya

TIPS berikut ini memberikan panduan bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Dengan mengikuti tips ini, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang keberhasilan mereka dalam mencapai passing grade.

Tip 1: Pelajari materi UTBK dan ujian keterampilan secara menyeluruh.

Kuasai materi UTBK dan ujian keterampilan secara mendalam, meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), Tes Bahasa Inggris, serta ujian gambar teknik, matematika dasar teknik, dan fisika dasar teknik.

Tip 2: Pahami konsep-konsep dasar dan jangan hanya menghafal.

Pemahaman konsep-konsep dasar akan membantu dalam menjawab soal-soal ujian yang lebih kompleks. Hindari menghafal tanpa memahami konsep, karena hal ini dapat membuat calon mahasiswa kesulitan dalam menjawab soal-soal yang tidak familiar.

Tip 3: Berlatih mengerjakan soal-soal ujian.

Biasakan diri mengerjakan soal-soal ujian UTBK dan ujian keterampilan secara rutin. Semakin banyak berlatih, calon mahasiswa akan semakin terbiasa dengan tipe-tipe soal dan dapat meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab soal.

Tip 4: Ikuti bimbingan belajar atau kursus persiapan ujian masuk.

Bagi calon mahasiswa yang merasa kesulitan dalam belajar sendiri, mengikuti bimbingan belajar atau kursus persiapan ujian masuk dapat menjadi pilihan yang tepat. Bimbingan belajar dapat membantu calon mahasiswa dalam memahami materi dan mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih baik.

Tip 5: Jaga kesehatan dan stamina fisik.

Menjaga kesehatan dan stamina fisik sangat penting selama persiapan ujian masuk. Konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur. Kondisi fisik yang prima akan membantu calon mahasiswa dalam menghadapi ujian masuk dengan lebih optimal.

Tip 6: Kelola waktu dengan baik.

Susun jadwal belajar yang teratur dan disiplin. Alokasikan waktu yang cukup untuk mempelajari setiap materi dan mengerjakan soal-soal latihan. Hindari belajar dengan sistem kebut semalam, karena hal ini dapat membuat calon mahasiswa merasa tertekan dan mudah lupa.

Tip 7: Berdoa dan minta restu orang tua.

Jangan lupa untuk berdoa dan meminta restu orang tua sebelum mengikuti ujian masuk. Berdoa dapat memberikan ketenangan hati dan kekuatan mental, sementara restu orang tua dapat memberikan dukungan moral yang besar.

Tip 8: Tetap tenang dan percaya diri saat ujian.

Saat menghadapi ujian masuk, tetaplah tenang dan percaya diri. Jangan panik jika menemukan soal-soal yang sulit. Berfokuslah pada soal-soal yang dapat dikerjakan terlebih dahulu dan jangan biarkan rasa khawatir menguasai diri.

Dengan mengikuti TIPS di atas, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk Joint Degree Teknik Perkapalan ITS Surabaya dan meningkatkan peluang keberhasilan mereka dalam mencapai passing grade.

Setelah mempersiapkan diri dengan baik, calon mahasiswa dapat mengikuti ujian masuk dengan tenang dan percaya diri. Hasil ujian masuk akan menentukan apakah mereka diterima di program studi tersebut atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat mencapai hasil yang terbaik.


Baca Juga :   Sekolah Kedinasan Di Surabaya

Tinggalkan Balasan