Passing Grade S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa 2024: Raih Kesempatan Berkarir di Dunia Seni!

Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa

 395 total views


Passing Grade S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa 2024: Raih Kesempatan Berkarir di Dunia Seni!

Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa: Syarat Masuk dan Tips Mencapainya

Pasing grade adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di suatu program studi. Pasing grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa untuk dapat diterima di program studi tersebut pada tahun akademik 2024/2025.

Pasing grade memiliki peran yang penting dalam menentukan siapa saja yang dapat diterima di suatu program studi. Dengan adanya passing grade, maka akan ada standar yang jelas mengenai nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa. Hal ini akan membantu pihak universitas dalam menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik.

Selain itu, passing grade juga dapat memberikan motivasi bagi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat agar dapat mencapai nilai yang lebih tinggi. Dengan demikian, passing grade dapat membantu meningkatkan kualitas mahasiswa yang diterima di suatu program studi.

Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa

Pasing grade merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan calon mahasiswa dalam memasuki perguruan tinggi. Berikut ini adalah beberapa aspek penting terkait dengan passing grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa:

  • Nilai minimum: Nilai terendah yang harus dicapai agar dapat diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa tahun akademik 2024/2025.
  • Seleksi: Dasar bagi pihak universitas dalam menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik.
  • Motivasi: Mendorong calon mahasiswa untuk belajar lebih giat agar dapat mencapai nilai yang lebih tinggi.
  • Persaingan: Menentukan tingkat persaingan antara calon mahasiswa dalam memperebutkan kursi di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa.
  • Persiapan: Membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian masuk.
  • Informasi: Memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa.
  • Transparansi: Menjamin transparansi dalam proses penerimaan mahasiswa baru di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa.
  • Kualitas mahasiswa: Memastikan bahwa mahasiswa yang diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa memiliki kualitas akademik yang baik.

Sebagai contoh, passing grade S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa tahun 2023 adalah 550. Artinya, calon mahasiswa yang ingin diterima di program studi tersebut harus memperoleh nilai minimal 550 pada ujian masuk. Passing grade ini tentunya akan menjadi tolok ukur bagi calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian masuk. Semakin tinggi passing grade, maka semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi tersebut.

Nilai minimum

Nilai minimum atau passing grade merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan calon mahasiswa untuk diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa tahun akademik 2024/2025. Nilai minimum ini menjadi dasar bagi pihak universitas dalam menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik.

Nilai minimum juga berperan sebagai motivator bagi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian masuk. Dengan demikian, diharapkan calon mahasiswa dapat mencapai nilai yang lebih tinggi dan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan semakin besar.

Dalam konteks Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa, nilai minimum menjadi salah satu komponen penting. Nilai minimum menentukan batas bawah nilai yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi tersebut. Semakin tinggi nilai minimum, maka semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi tersebut.

Sebagai contoh, jika nilai minimum untuk S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa tahun 2024 adalah 550, maka calon mahasiswa harus memperoleh nilai minimal 550 pada ujian masuk agar dapat diterima di program studi tersebut. Nilai minimum ini tentunya akan menjadi tolok ukur bagi calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian masuk.

Memahami nilai minimum dalam Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa memiliki beberapa manfaat. Pertama, calon mahasiswa dapat mengetahui secara pasti nilai yang harus dicapai agar dapat diterima di program studi tersebut. Kedua, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan fokus pada materi-materi yang akan diujikan. Ketiga, calon mahasiswa dapat menghindari perasaan cemas dan tidak pasti mengenai peluang diterima di program studi tersebut.

Seleksi

Seleksi calon mahasiswa berdasarkan kemampuan dan potensi akademik merupakan faktor krusial dalam menentukan kualitas mahasiswa yang diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Proses seleksi ini memiliki keterkaitan erat dengan Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa.

Pasing grade berfungsi sebagai standar minimum nilai yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi tersebut. Seleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik menjadi dasar dalam penetapan passing grade. Artinya, semakin tinggi standar seleksi, maka semakin tinggi pula passing grade yang ditetapkan.

Sebagai contoh, jika pihak universitas menetapkan standar seleksi yang tinggi untuk program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa, maka passing grade yang ditetapkan juga akan tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik. Sebaliknya, jika standar seleksi yang ditetapkan rendah, maka passing grade yang ditetapkan juga akan rendah. Hal ini dapat menyebabkan masuknya calon mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik ke dalam program studi tersebut.

Oleh karena itu, seleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik merupakan dasar yang penting dalam penetapan Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Dengan demikian, passing grade dapat berfungsi sebagai alat seleksi yang efektif untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.

Selain itu, seleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik juga memiliki implikasi yang luas terhadap kualitas lulusan program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dan lebih mudah untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada kualitas lulusan program studi tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi akademik yang baik merupakan dasar yang penting dalam penetapan Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Seleksi yang baik akan menghasilkan passing grade yang efektif dalam menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, yang pada akhirnya akan berdampak pada kualitas lulusan program studi tersebut.

Baca Juga :   Strategi Jitu Raih Pasing Grade Sastra Perancis UNPAD 2024

Motivasi

Dalam konteks Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa, motivasi berperan penting dalam mendorong calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai yang lebih tinggi. Motivasi ini dapat berasal dari berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.

  • Keinginan untuk diterima di program studi yang diinginkan: Calon mahasiswa yang memiliki keinginan kuat untuk diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa akan termotivasi untuk belajar lebih giat agar dapat mencapai nilai yang lebih tinggi.

Persaingan yang ketat: Pasing grade yang tinggi dan persaingan yang ketat untuk masuk ke program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa dapat menjadi motivasi bagi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai yang lebih tinggi.

Dukungan dari lingkungan: Dukungan dari orang tua, guru, dan teman-teman dapat menjadi motivasi bagi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai yang lebih tinggi.

Keinginan untuk meraih prestasi: Calon mahasiswa yang memiliki keinginan untuk meraih prestasi akademik yang tinggi akan termotivasi untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai yang lebih tinggi.

Motivasi yang kuat dapat membantu calon mahasiswa untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam belajar. Calon mahasiswa yang termotivasi akan lebih giat belajar, lebih fokus, dan lebih tekun dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan prestasi akademik dan peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Selain itu, motivasi juga dapat membantu calon mahasiswa untuk mengembangkan sikap positif terhadap belajar. Calon mahasiswa yang termotivasi akan lebih menikmati proses belajar dan lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan akademik. Sikap positif ini akan membantu calon mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi dan meraih kesuksesan dalam pendidikan.

Persaingan

Persaingan merupakan salah satu aspek penting dalam Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Persaingan ini menentukan tingkat kesulitan calon mahasiswa untuk diterima di program studi tersebut. Semakin tinggi persaingan, maka semakin sulit bagi calon mahasiswa untuk diterima.

  • Jumlah peminat: Jumlah peminat yang tinggi terhadap program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa dapat menyebabkan persaingan yang ketat. Hal ini karena jumlah kursi yang tersedia terbatas, sedangkan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sangat banyak.

Nilai minimal atau passing grade: Nilai minimal atau passing grade yang tinggi juga dapat menyebabkan persaingan yang ketat. Hal ini karena calon mahasiswa harus bersaing untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi agar dapat diterima di program studi tersebut.

Reputasi program studi: Reputasi program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa yang baik dapat menarik banyak peminat. Hal ini dapat menyebabkan persaingan yang ketat, karena banyak calon mahasiswa yang ingin diterima di program studi tersebut.

Fasilitas dan kualitas pendidikan: Fasilitas dan kualitas pendidikan yang baik di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa dapat menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa. Hal ini dapat menyebabkan persaingan yang ketat, karena banyak calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas di program studi tersebut.

Persaingan yang ketat dalam Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa dapat memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, persaingan yang ketat dapat mendorong calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai yang lebih tinggi. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas mahasiswa yang diterima di program studi tersebut. Namun, dampak negatifnya, persaingan yang ketat dapat menyebabkan stres dan kecemasan bagi calon mahasiswa. Selain itu, persaingan yang ketat juga dapat menyebabkan terjadinya kecurangan dalam ujian masuk.

Persiapan

Persiapan yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, termasuk Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Persiapan yang baik dapat membantu calon mahasiswa untuk mencapai nilai yang lebih tinggi dan peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian masuk S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Pertama, calon mahasiswa harus mempelajari materi ujian secara mendalam. Materi ujian dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku pelajaran, soal-soal latihan, dan try out. Kedua, calon mahasiswa harus melatih kemampuan mengerjakan soal-soal ujian. Hal ini dapat dilakukan dengan mengerjakan soal-soal latihan dan try out secara berkala.

Selain itu, calon mahasiswa juga perlu menjaga kesehatan fisik dan mental menjelang ujian masuk. Hal ini dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan cukup tidur. Dengan persiapan yang baik, calon mahasiswa akan lebih percaya diri dan siap menghadapi ujian masuk S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa.

Persiapan yang baik tidak hanya bermanfaat bagi calon mahasiswa, tetapi juga bagi pihak universitas. Persiapan yang baik dapat membantu pihak universitas untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan memiliki potensi akademik yang baik. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada kualitas lulusan program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa.

Sebagai contoh, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan berbagai kegiatan persiapan ujian masuk bagi calon mahasiswa baru. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi try out, bimbingan belajar, dan simulasi ujian masuk. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian masuk.

Dengan demikian, persiapan yang baik merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan calon mahasiswa dalam menghadapi Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Persiapan yang baik dapat membantu calon mahasiswa untuk mencapai nilai yang lebih tinggi dan peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Informasi

Dalam konteks Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa, informasi memegang peranan penting dalam memberikan kejelasan dan akurasi tentang nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa. Informasi yang jelas dan akurat dapat membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi yang diinginkan.

  • Nilai Minimum:

    Nilai minimum atau passing grade merupakan nilai terendah yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Informasi tentang nilai minimum ini harus jelas dan akurat agar calon mahasiswa dapat mengetahui secara pasti target yang harus dicapai.

  • Sumber Informasi:

    Informasi tentang nilai minimum dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti situs web resmi Unesa, brosur pendaftaran, dan pengumuman resmi dari pihak universitas. Calon mahasiswa harus memastikan bahwa informasi yang diperoleh berasal dari sumber yang terpercaya dan akurat.

  • Persyaratan dan Ketentuan:

    Selain nilai minimum, calon mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh Unesa. Informasi tentang persyaratan dan ketentuan ini harus jelas dan akurat agar calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar.

  • Perubahan dan Pembaharuan:

    Informasi tentang nilai minimum dan persyaratan pendaftaran dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus selalu memantau informasi terbaru dari pihak universitas agar tidak ketinggalan informasi penting.

Baca Juga :   Bagaimana Strategi Sukses Lolos Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah UNS Solo?

Informasi yang jelas dan akurat tentang nilai minimum dan persyaratan pendaftaran sangat penting bagi calon mahasiswa. Informasi yang tidak jelas atau tidak akurat dapat menyebabkan calon mahasiswa salah memahami persyaratan dan ketentuan pendaftaran. Hal ini dapat berdampak pada kegagalan calon mahasiswa dalam memenuhi persyaratan pendaftaran dan kehilangan kesempatan untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Transparansi

Transparansi merupakan salah satu aspek penting dalam Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Transparansi dalam proses penerimaan mahasiswa baru menjamin bahwa proses tersebut berlangsung secara adil, terbuka, dan tidak diskriminatif. Hal ini penting untuk menjaga kredibilitas program studi dan universitas.

  • Informasi yang Jelas dan Akurat:

    Pihak universitas harus menyediakan informasi yang jelas dan akurat tentang persyaratan pendaftaran, nilai minimum, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru. Informasi ini harus mudah diakses oleh calon mahasiswa dan tidak boleh ada yang ditutup-tutupi.

Keterbukaan dalam Proses Seleksi:

Proses seleksi mahasiswa baru harus dilakukan secara terbuka dan tidak boleh ada kecurangan atau manipulasi data. Pihak universitas harus membentuk panitia seleksi yang independen dan kredibel untuk memastikan bahwa proses seleksi berjalan dengan baik.

Hak dan Kewajiban Calon Mahasiswa:

Calon mahasiswa harus diberi tahu tentang hak dan kewajiban mereka selama proses penerimaan mahasiswa baru. Hal ini mencakup hak untuk mengajukan keberatan jika terjadi kesalahan dalam proses seleksi dan kewajiban untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengawasan dan Evaluasi:

Proses penerimaan mahasiswa baru harus diawasi dan dievaluasi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses tersebut berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak ada penyimpangan yang terjadi.

Transparansi dalam proses penerimaan mahasiswa baru di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa sangat penting untuk menjaga kredibilitas program studi dan universitas. Transparansi juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan tinggi dan mendorong calon mahasiswa untuk mendaftar di program studi tersebut.

Kualitas mahasiswa

Dalam konteks Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa, kualitas mahasiswa menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Mahasiswa yang memiliki kualitas akademik yang baik akan lebih mampu mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi dan berkontribusi terhadap kemajuan program studi.

  • Nilai akademik:

    Nilai akademik merupakan salah satu indikator kualitas mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki nilai akademik yang baik menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan akademis yang cukup untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Prestasi non-akademik:

Prestasi non-akademik juga dapat menjadi indikator kualitas mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik yang baik menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat dan kemampuan di bidang lain selain akademis.

Keterampilan dan kompetensi:

Keterampilan dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa juga dapat menjadi indikator kualitas mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perguruan tinggi.

Sikap dan perilaku:

Sikap dan perilaku mahasiswa juga dapat menjadi indikator kualitas mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki sikap dan perilaku yang baik menunjukkan bahwa mereka memiliki karakter yang baik dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Mahasiswa yang memiliki kualitas akademik yang baik akan lebih mampu mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi dan berkontribusi terhadap kemajuan program studi. Mereka juga akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 800 60 13,33
2 2021 920 65 14,15
3 2022 980 70 14
4 2023 1.050 75 14
No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ketaatan
1 2020 800 60 95%
2 2021 920 65 94%
3 2022 980 70 93%
4 2023 1.050 75 92%

Tips Menghadapi Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa

Bagian ini menyajikan beberapa tips bagi calon mahasiswa yang ingin menghadapi Pasing Grade 2024 S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Tips-tips ini akan membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi tersebut.

Tip 1: Pelajari materi ujian secara mendalam.

Pelajari materi ujian secara mendalam dan menyeluruh. Pastikan untuk memahami konsep-konsep dasar dan mampu menyelesaikan berbagai jenis soal.

Tip 2: Latihan mengerjakan soal-soal ujian.

Latihan mengerjakan soal-soal ujian secara berkala. Hal ini akan membantu Anda terbiasa dengan tipe-tipe soal dan meningkatkan kecepatan dalam mengerjakan soal.

Tip 3: Ikuti try out dan bimbingan belajar.

Ikuti try out dan bimbingan belajar untuk mengukur kemampuan dan mendapatkan tambahan materi serta latihan soal.

Tip 4: Jaga kesehatan fisik dan mental.

Jaga kesehatan fisik dan mental menjelang ujian masuk. Pastikan untuk berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan cukup tidur.

Tip 5: Tetap percaya diri dan jangan panik.

Tetap percaya diri dan jangan panik saat menghadapi ujian masuk. Yakinkan diri bahwa Anda telah mempersiapkan diri dengan baik dan mampu mengerjakan soal-soal ujian dengan baik.

Tip 6: Perhatikan waktu dengan baik.

Perhatikan waktu dengan baik selama ujian masuk. Jangan sampai Anda kehabisan waktu dan tidak dapat menyelesaikan semua soal.

Tip 7: Periksa kembali jawaban sebelum diserahkan.

Periksa kembali jawaban Anda sebelum diserahkan. Pastikan bahwa Anda telah menjawab semua soal dan tidak ada kesalahan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang untuk diterima di program studi S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Persiapan yang matang dan strategi yang tepat akan membantu calon mahasiswa menghadapi ujian masuk dengan percaya diri dan meraih hasil yang terbaik.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang prospek kerja lulusan S1 Pendidikan Seni Rupa Unesa. Kita akan melihat berbagai peluang karier yang terbuka bagi lulusan program studi ini serta kompetensi yang dibutuhkan untuk berhasil di dunia kerja.


Tinggalkan Balasan