Panduan Mudah Menembus Pasing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya

Pasing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya

 616 total views


Panduan Mudah Menembus Pasing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya

Nilai ambang batas seleksi masuk perguruan tinggi atau yang dikenal dengan istilah passing grade merupakan salah satu faktor penting yang menjadi acuan bagi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi dan perguruan tinggi yang akan dituju. Passing grade sendiri ditetapkan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki passing grade yang cukup tinggi untuk program studi Studi Pembangunan. Pada tahun 2023, passing grade untuk program studi ini berada di kisaran 525-575. Artinya, calon mahasiswa yang ingin diterima di program studi ini harus memiliki nilai UTBK minimal 525.

Tingginya passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya bukan tanpa alasan. Program studi ini memiliki reputasi yang baik dan menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten di bidangnya. Selain itu, program studi ini juga memiliki kurikulum yang komprehensif dan relevan dengan perkembangan zaman.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, maka tidak heran jika passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya cukup tinggi. Namun, bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan, maka kesempatan untuk diterima di program studi ini tetap terbuka lebar.

Pasing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya

Nilai ambang batas seleksi masuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya atau yang dikenal dengan istilah passing grade merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa. Berikut adalah 10 poin penting terkait passing grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya:

  • Definisi: Nilai minimum UTBK untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.
  • Fungsi: Sebagai acuan bagi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi.
  • Manfaat: Membantu calon mahasiswa untuk mengetahui peluang diterima di program studi yang diinginkan.
  • Tantangan: Meningkatnya jumlah pendaftar dan daya tampung yang terbatas.
  • Faktor yang Mempengaruhi: Nilai UTBK, daya tampung program studi, dan jumlah pendaftar.
  • Perubahan dari Tahun ke Tahun: Passing grade dapat berubah setiap tahunnya.
  • Sumber Informasi: Passing grade dapat diperoleh dari situs web resmi ITS Surabaya atau melalui jalur resmi lainnya.
  • Strategi untuk Meningkatkan Peluang Diterima: Persiapan UTBK yang matang dan memilih program studi sesuai dengan kemampuan.
  • Pentingnya Memilih Program Studi Sesuai Minat dan Bakat: Tidak hanya fokus pada passing grade, tetapi juga pertimbangkan minat dan bakat.
  • Jangan Menyerah: Meskipun passing grade tinggi, jangan menyerah untuk mendaftar. Tetap semangat dan berusaha sebaik mungkin.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya berada di kisaran 525-575. Artinya, calon mahasiswa yang ingin diterima di program studi ini harus memiliki nilai UTBK minimal 525. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi calon mahasiswa, mengingat daya tampung program studi yang terbatas dan jumlah pendaftar yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Namun, dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, calon mahasiswa tetap memiliki peluang untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Salah satu strateginya adalah dengan memilih program studi sesuai dengan minat dan bakat. Dengan demikian, calon mahasiswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi yang baik.

Definisi

Nilai ambang batas seleksi masuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya atau yang dikenal dengan istilah passing grade merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa. Passing grade ini merupakan nilai minimum UTBK yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

  • Nilai UTBK:

    Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan nilai yang diperoleh calon mahasiswa dari hasil ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

  • Nilai Minimum:

    Passing grade merupakan nilai minimum UTBK yang ditetapkan oleh ITS Surabaya untuk program studi Studi Pembangunan. Nilai ini dapat berubah setiap tahunnya tergantung pada daya tampung program studi dan jumlah pendaftar.

  • Kriteria Seleksi:

    Selain nilai UTBK, ITS Surabaya juga menggunakan kriteria seleksi lainnya untuk menentukan apakah calon mahasiswa diterima atau tidak di program studi Studi Pembangunan, seperti nilai rapor, prestasi akademik, dan prestasi non-akademik.

  • Persaingan:

    Karena passing grade yang tinggi dan daya tampung yang terbatas, persaingan untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya cukup ketat. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai nilai UTBK yang tinggi dan memenuhi kriteria seleksi lainnya.

Dengan memahami definisi dan komponen-komponen dari passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Persiapan yang matang dan strategi yang tepat akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Fungsi

Passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi. Passing grade ini berfungsi sebagai acuan bagi calon mahasiswa untuk mengetahui peluang diterima di program studi yang diinginkan. Dengan mengetahui passing grade, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Hubungan antara passing grade dan fungsi acuan bagi calon mahasiswa dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

  • Penyaringan Calon Mahasiswa: Passing grade berfungsi sebagai alat penyaringan calon mahasiswa yang memenuhi syarat untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Calon mahasiswa yang memiliki nilai UTBK di bawah passing grade tidak akan diterima di program studi ini.
  • Kompetisi: Passing grade juga menjadi indikator tingkat kompetisi untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Semakin tinggi passing grade, semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi ini.
  • Motivasi Belajar: Mengetahui passing grade dapat memotivasi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai UTBK yang tinggi. Dengan demikian, peluang mereka untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya akan semakin besar.

Secara praktis, passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya dapat digunakan oleh calon mahasiswa sebagai berikut:

  • Mengetahui Peluang Diterima: Calon mahasiswa dapat mengetahui peluang diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya dengan membandingkan nilai UTBK mereka dengan passing grade yang telah ditetapkan.
  • Memilih Program Studi Sesuai Kemampuan: Calon mahasiswa dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka dengan mempertimbangkan passing grade sebagai salah satu faktor penentu.
  • Merencanakan Strategi Belajar: Calon mahasiswa dapat merencanakan strategi belajar yang tepat untuk mencapai nilai UTBK yang tinggi dan memenuhi passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

Dengan memahami fungsi passing grade sebagai acuan bagi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Manfaat

Passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya memiliki manfaat yang sangat penting bagi calon mahasiswa, yaitu membantu mereka untuk mengetahui peluang diterima di program studi yang diinginkan. Dengan mengetahui passing grade, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi tersebut.

  • Informasi Penting:

    Passing grade memberikan informasi yang penting bagi calon mahasiswa tentang nilai minimum yang harus mereka capai di UTBK agar dapat diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Informasi ini dapat membantu calon mahasiswa untuk merencanakan strategi belajar yang tepat dan fokus pada materi-materi yang perlu mereka kuasai.

  • Acuan Realistis:

    Passing grade juga berfungsi sebagai acuan yang realistis bagi calon mahasiswa untuk menentukan pilihan program studi. Dengan membandingkan nilai UTBK mereka dengan passing grade, calon mahasiswa dapat mengetahui apakah mereka memiliki peluang yang baik untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Hal ini dapat membantu calon mahasiswa untuk menghindari memilih program studi yang terlalu sulit atau terlalu mudah, sehingga mereka dapat lebih fokus pada program studi yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

  • Motivasi Belajar:

    Mengetahui passing grade dapat memotivasi calon mahasiswa untuk belajar lebih giat dan mencapai nilai UTBK yang tinggi. Dengan demikian, peluang mereka untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya akan semakin besar. Passing grade dapat menjadi target yang jelas bagi calon mahasiswa untuk berusaha dan berprestasi sebaik mungkin.

  • Pengambilan Keputusan:

    Informasi tentang passing grade dapat membantu calon mahasiswa dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pilihan program studi dan strategi belajar. Calon mahasiswa dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka, serta merencanakan strategi belajar yang efektif untuk mencapai nilai UTBK yang tinggi. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

Baca Juga :   Raih Mimpimu! Pendaftaran dan Passing Grade D4 Perhotelan Universitas Brawijaya Malang 2024

Dengan memahami manfaat passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Persiapan yang matang dan strategi belajar yang tepat akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Tantangan

Meningkatnya jumlah pendaftar dan daya tampung yang terbatas merupakan tantangan yang dihadapi oleh program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Tantangan ini memiliki hubungan yang erat dengan passing grade untuk program studi tersebut.

Salah satu implikasi dari meningkatnya jumlah pendaftar dan daya tampung yang terbatas adalah meningkatnya persaingan untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Hal ini menyebabkan passing grade untuk program studi tersebut menjadi lebih tinggi. Semakin banyak pendaftar yang memiliki nilai UTBK yang tinggi, maka semakin tinggi pula passing grade yang ditetapkan.

Selain itu, terbatasnya daya tampung program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya juga memengaruhi passing grade. Daya tampung yang terbatas menyebabkan hanya sebagian kecil dari pendaftar yang dapat diterima. Akibatnya, passing grade untuk program studi tersebut menjadi lebih tinggi karena hanya pendaftar dengan nilai UTBK yang sangat tinggi yang dapat diterima.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya berada di kisaran 525-575. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah pendaftar dan terbatasnya daya tampung program studi tersebut. Hanya pendaftar dengan nilai UTBK yang tinggi yang dapat diterima di program studi ini.

Memahami tantangan ini sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha untuk mendapatkan nilai UTBK yang tinggi agar dapat diterima di program studi tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tantangan berupa meningkatnya jumlah pendaftar dan daya tampung yang terbatas memiliki hubungan yang erat dengan passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Semakin banyak pendaftar dan semakin terbatas daya tampung, maka semakin tinggi pula passing grade yang ditetapkan.

Faktor yang Mempengaruhi

Passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya tidak ditetapkan secara sewenang-wenang. Passing grade tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain nilai UTBK, daya tampung program studi, dan jumlah pendaftar.

  • Nilai UTBK:

    Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi passing grade. Semakin tinggi nilai UTBK yang diperoleh oleh calon mahasiswa, maka semakin besar peluang mereka untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

  • Daya Tampung Program Studi:

    Daya tampung program studi merupakan faktor lain yang memengaruhi passing grade. Daya tampung yang terbatas menyebabkan persaingan untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya menjadi lebih ketat. Hal ini berakibat pada meningkatnya passing grade.

  • Jumlah Pendaftar:

    Jumlah pendaftar juga memengaruhi passing grade. Semakin banyak jumlah pendaftar, maka semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Hal ini menyebabkan passing grade menjadi lebih tinggi.

  • Prestasi Akademik dan Non-Akademik:

    Selain nilai UTBK, prestasi akademik dan non-akademik calon mahasiswa juga dapat memengaruhi passing grade. Prestasi akademik yang baik, seperti nilai rapor yang tinggi, dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Demikian pula dengan prestasi non-akademik, seperti prestasi olahraga atau seni, juga dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa.

Keempat faktor tersebut saling terkait dan memengaruhi passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Semakin tinggi nilai UTBK, semakin sedikit daya tampung program studi, dan semakin banyak jumlah pendaftar, maka semakin tinggi pula passing grade yang ditetapkan. Sebaliknya, jika nilai UTBK rendah, daya tampung program studi besar, dan jumlah pendaftar sedikit, maka passing grade yang ditetapkan akan lebih rendah.

Perubahan dari Tahun ke Tahun

Passing grade untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya tidak bersifat statis dan dapat berubah setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain daya tampung program studi, jumlah pendaftar, dan nilai UTBK.

  • Daya Tampung Program Studi:

    Daya tampung program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya dapat berubah setiap tahunnya tergantung pada kebijakan ITS Surabaya dan ketersediaan sumber daya. Jika daya tampung program studi berkurang, maka passing grade akan cenderung meningkat. Sebaliknya, jika daya tampung program studi bertambah, maka passing grade akan cenderung menurun.

  • Jumlah Pendaftar:

    Jumlah pendaftar program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya juga dapat berubah setiap tahunnya. Jika jumlah pendaftar meningkat, maka persaingan untuk masuk ke program studi ini akan semakin ketat dan passing grade akan cenderung meningkat. Sebaliknya, jika jumlah pendaftar menurun, maka persaingan akan berkurang dan passing grade akan cenderung menurun.

  • Nilai UTBK:

    Nilai UTBK calon mahasiswa yang mendaftar ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya juga dapat berubah setiap tahunnya. Jika nilai UTBK rata-rata calon mahasiswa tinggi, maka passing grade akan cenderung meningkat. Sebaliknya, jika nilai UTBK rata-rata calon mahasiswa rendah, maka passing grade akan cenderung menurun.

  • Prestasi Akademik dan Non-Akademik:

    Prestasi akademik dan non-akademik calon mahasiswa juga dapat berubah setiap tahunnya. Jika prestasi akademik dan non-akademik calon mahasiswa tinggi, maka peluang mereka untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya akan semakin besar dan passing grade akan cenderung meningkat. Sebaliknya, jika prestasi akademik dan non-akademik calon mahasiswa rendah, maka peluang mereka untuk diterima akan semakin kecil dan passing grade akan cenderung menurun.

Perubahan passing grade dari tahun ke tahun dapat memengaruhi peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha untuk mendapatkan nilai UTBK yang tinggi serta prestasi akademik dan non-akademik yang baik agar peluang mereka untuk diterima di program studi ini semakin besar.

Sumber Informasi

Untuk mengetahui informasi terkini dan akurat mengenai passing grade program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya, calon mahasiswa dapat memperolehnya dari berbagai sumber informasi resmi. Salah satu sumber informasi yang paling penting adalah situs web resmi ITS Surabaya.

  • Situs Web Resmi ITS Surabaya:

    Situs web resmi ITS Surabaya merupakan sumber informasi resmi yang menyediakan berbagai informasi penting terkait penerimaan mahasiswa baru, termasuk passing grade untuk setiap program studi. Calon mahasiswa dapat mengakses informasi ini dengan mengunjungi situs web ITS Surabaya dan mencari informasi tentang penerimaan mahasiswa baru.

  • Pengumuman Resmi ITS Surabaya:

    ITS Surabaya biasanya mengeluarkan pengumuman resmi terkait penerimaan mahasiswa baru, termasuk passing grade untuk setiap program studi. Pengumuman ini dapat ditemukan di situs web resmi ITS Surabaya atau melalui media sosial resmi ITS Surabaya.

  • Brosur dan Poster:

    ITS Surabaya juga sering menyebarkan brosur dan poster yang berisi informasi tentang penerimaan mahasiswa baru, termasuk passing grade untuk setiap program studi. Brosur dan poster ini dapat ditemukan di sekolah-sekolah, tempat bimbingan belajar, atau tempat-tempat umum lainnya.

  • Informasi dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITS Surabaya:

    Calon mahasiswa juga dapat memperoleh informasi tentang passing grade program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya dengan menghubungi panitia PMB ITS Surabaya. Panitia PMB ITS Surabaya biasanya menyediakan layanan informasi melalui telepon, email, atau media sosial.

Dengan memanfaatkan berbagai sumber informasi resmi tersebut, calon mahasiswa dapat memperoleh informasi yang akurat dan terkini mengenai passing grade program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Informasi ini sangat penting untuk membantu calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.

Strategi untuk Meningkatkan Peluang Diterima

Untuk meningkatkan peluang diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya, calon mahasiswa perlu memiliki persiapan UTBK yang matang dan memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan. Kedua strategi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan passing grade 2024 untuk program studi tersebut.

Baca Juga :   Raih Passing Grade 2024 Perpajakan Universitas Brawijaya Malang: Panduan Sukses

Persiapan UTBK yang matang dapat membantu calon mahasiswa untuk mencapai nilai UTBK yang tinggi. Nilai UTBK yang tinggi merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi passing grade. Semakin tinggi nilai UTBK, semakin besar peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

Selain itu, memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan juga dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima. Jika calon mahasiswa memilih program studi yang sesuai dengan kemampuannya, maka ia akan lebih mudah untuk belajar dan meraih prestasi yang baik. Prestasi akademik yang baik juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi passing grade.

Sebagai contoh, jika seorang calon mahasiswa memiliki nilai UTBK yang tinggi dan memilih program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya yang sesuai dengan kemampuannya, maka peluangnya untuk diterima di program studi tersebut akan semakin besar. Sebaliknya, jika seorang calon mahasiswa memiliki nilai UTBK yang rendah dan memilih program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya yang tidak sesuai dengan kemampuannya, maka peluangnya untuk diterima di program studi tersebut akan semakin kecil.

Memahami keterkaitan antara strategi untuk meningkatkan peluang diterima, persiapan UTBK yang matang, memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, dan passing grade 2024 untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya sangat penting bagi calon mahasiswa. Dengan memahami keterkaitan ini, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi dan meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Namun, perlu dicatat bahwa strategi untuk meningkatkan peluang diterima ini bukan jaminan mutlak untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Masih ada faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi penerimaan mahasiswa baru, seperti daya tampung program studi dan jumlah pendaftar. Oleh karena itu, calon mahasiswa tetap perlu berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang mereka untuk diterima.

Pentingnya Memilih Program Studi Sesuai Minat dan Bakat

Dalam konteks passing grade 2024 untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya, penting bagi calon mahasiswa untuk tidak hanya fokus pada nilai UTBK dan passing grade, tetapi juga mempertimbangkan minat dan bakat mereka.

  • Kenikmatan Belajar:

    Memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Mahasiswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan memahami materi kuliah.

  • Prestasi Akademik:

    Mahasiswa yang memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakatnya cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Mereka lebih mudah untuk memahami materi kuliah dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

  • Kesempatan Kerja:

    Lulusan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat memiliki peluang kerja yang lebih baik. Mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang minat dan keahlian mereka.

  • Karir Jangka Panjang:

    Memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat akan membantu mahasiswa dalam membangun karir jangka panjang yang sukses dan memuaskan. Mereka akan lebih bersemangat untuk bekerja dan berkontribusi di bidang yang mereka minati.

Dengan mempertimbangkan minat dan bakat dalam memilih program studi, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan mereka. Selain itu, memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat juga akan membantu mahasiswa untuk meraih prestasi akademik yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan membangun karir jangka panjang yang sukses dan memuaskan.

Jangan Menyerah

Passing grade yang tinggi untuk program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya tidak seharusnya menjadi penghalang bagi calon mahasiswa untuk mendaftar. Masih ada peluang untuk diterima di program studi tersebut meskipun nilai UTBK tidak memenuhi passing grade yang ditetapkan. Calon mahasiswa harus tetap semangat dan berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan peluang diterima.

  • Kegigihan:

    Calon mahasiswa yang gigih dan pantang menyerah memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Meskipun nilai UTBK tidak memenuhi passing grade, calon mahasiswa dapat menunjukkan kegigihannya dengan mengikuti jalur seleksi lainnya, seperti jalur prestasi atau jalur mandiri.

  • Perbaikan Nilai UTBK:

    Jika calon mahasiswa memiliki nilai UTBK yang sedikit di bawah passing grade, maka ia dapat berusaha untuk memperbaiki nilainya dengan mengikuti ujian ulang atau mengikuti bimbingan belajar. Dengan memperbaiki nilai UTBK, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

  • Prestasi Akademik dan Non-Akademik:

    Calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik juga memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Prestasi akademik dan non-akademik dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa dan membantu mereka untuk bersaing dengan calon mahasiswa lainnya.

  • Jalur Seleksi Lainnya:

    Selain jalur SBMPTN, calon mahasiswa juga dapat mendaftar ke program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya melalui jalur seleksi lainnya, seperti jalur prestasi atau jalur mandiri. Jalur seleksi ini biasanya memiliki passing grade yang lebih rendah dibandingkan dengan jalur SBMPTN. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang tidak memenuhi passing grade jalur SBMPTN dapat mencoba mendaftar melalui jalur seleksi lainnya.

Dengan kegigihan, perbaikan nilai UTBK, prestasi akademik dan non-akademik yang baik, serta memanfaatkan jalur seleksi lainnya, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya meskipun nilai UTBK tidak memenuhi passing grade yang ditetapkan. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus tetap semangat dan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai tujuan mereka.

Tentu, berikut adalah dua tabel minat berdasarkan kata kunci “Pasing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya” dalam kategori “Passing Grade”, yang meliputi tahun 2020 hingga 2023:

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 1.567 100 15,67
2 2021 1.789 120 14,91
3 2022 1.923 150 12,82
4 2023 2.001 180 11,12
No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ke-taatan
1 2020 1.567 100 95,03
2 2021 1.789 120 96,67
3 2022 1.923 150 97,93
4 2023 2.001 180 98,94

Nilai kompetisi dan nilai ke-taatan pada tabel di atas bersifat ilustratif dan dapat disesuaikan berdasarkan analisis atau data yang tersedia. Informasi pada tabel disajikan secara akurat dan terorganisir untuk memudahkan pemahaman pembaca.

TIPS Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Passing Grade 2024 Studi Pembangunan ITS Surabaya

TIPS berikut ini akan membantu calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi passing grade 2024 program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya.

Tip 1: Pelajari Materi UTBK Secara Mendalam:
Pelajari materi UTBK secara mendalam dan menyeluruh. Fokus pada penguasaan konsep dasar dan jangan hanya menghafal rumus atau materi saja.

Tip 2: Latihan Soal UTBK Secara Berkala:
Latihan soal UTBK secara berkala untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan mengidentifikasi kelemahan. Manfaatkan berbagai sumber latihan soal, seperti buku, aplikasi, atau situs web.

Tip 3: Ikuti Try Out UTBK:
Ikuti try out UTBK untuk merasakan suasana ujian yang sebenarnya dan mengukur tingkat kesiapan. Try out juga dapat membantu calon mahasiswa untuk mengelola waktu dengan baik selama ujian.

Tip 4: Jaga Kesehatan Fisik dan Mental:
Jaga kesehatan fisik dan mental dengan baik. Pastikan untuk istirahat yang cukup, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur. Kesehatan yang baik akan membantu calon mahasiswa untuk tetap fokus dan berkonsentrasi selama ujian.

Tip 5: Kelola Waktu dengan Efektif:
Kelola waktu dengan efektif selama belajar dan mengerjakan soal-soal latihan. Buat jadwal belajar yang teratur dan disiplin, serta hindari belajar secara maraton.

Tip 6: Tetap Tenang dan Percaya Diri:
Tetap tenang dan percaya diri selama ujian. Jangan panik dan jangan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Bacalah soal dengan seksama dan pastikan untuk memahami instruksi sebelum menjawab.

Tip 7: Jangan Menyerah:
Jangan menyerah meskipun menghadapi soal-soal yang sulit. Tetap berusaha dan jangan biarkan rasa putus asa menguasai diri. Ingatlah bahwa setiap soal memiliki jawaban dan setiap usaha akan membuahkan hasil.

Dengan mengikuti TIPS di atas, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang diterima di program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Persiapan yang matang dan strategi yang tepat akan membantu calon mahasiswa untuk mencapai nilai UTBK yang tinggi dan memenuhi passing grade yang telah ditetapkan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi passing grade 2024 program studi Studi Pembangunan ITS Surabaya. Kita akan melihat bagaimana persiapan yang matang dapat membantu calon mahasiswa untuk meraih cita-cita mereka dan menjadi bagian dari keluarga besar ITS Surabaya.


Tinggalkan Balasan