Cara Raih Nilai Tinggi "Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta"

Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta

 544 total views


Cara Raih Nilai Tinggi "Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta"

Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta: Gerbang Menuju Karir yang Menjanjikan di Bidang Geodesi dan Geomatika

Pasing Grade atau nilai batas seleksi masuk perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk dapat diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 2024. Sebagai contoh, pada tahun 2023, nilai rata-rata yang harus dicapai siswa untuk dapat diterima di program studi ini adalah 650.

Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan pemetaan permukaan bumi. Bidang ini memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti konstruksi, perencanaan wilayah, dan pengelolaan sumber daya alam. Lulusan program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta memiliki prospek kerja yang luas, baik di sektor pemerintah maupun swasta. Mereka dapat bekerja sebagai surveyor, kartografer, analis geospasial, atau konsultan teknik sipil.

Salah satu perkembangan sejarah penting dalam bidang Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar adalah penggunaan teknologi satelit. Teknologi ini memungkinkan pengukuran dan pemetaan permukaan bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Penggunaan teknologi satelit juga telah mempercepat proses pemetaan dan membuatnya lebih efisien.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi nilai batas seleksi masuk, tips untuk mencapai nilai yang tinggi, dan prospek kerja lulusan program studi ini.

Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta

Untuk dapat diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta, siswa harus memenuhi nilai batas seleksi atau passing grade yang telah ditetapkan. Berikut adalah beberapa aspek penting terkait “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”:

  • Nilai Minimal: Nilai terendah yang harus dicapai siswa untuk dapat diterima di program studi.
  • Faktor Penentu: Nilai ujian tulis, nilai rapor, dan prestasi akademik lainnya.
  • Persaingan: Jumlah pelamar yang melebihi daya tampung program studi.
  • Tren Nilai: Nilai batas seleksi dapat berubah setiap tahun, tergantung pada tingkat persaingan.
  • Strategi Belajar: Siswa perlu memiliki strategi belajar yang efektif untuk mencapai nilai yang tinggi.
  • Sumber Belajar: Tersedia berbagai sumber belajar, seperti buku, internet, dan bimbingan belajar.
  • Mentalitas: Siswa perlu memiliki mentalitas yang kuat dan pantang menyerah dalam menghadapi persaingan.
  • Prospek Kerja: Lulusan program studi ini memiliki prospek kerja yang luas, baik di sektor pemerintah maupun swasta.

Sebagai contoh, pada tahun 2023, nilai rata-rata yang harus dicapai siswa untuk dapat diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta adalah 650. Nilai ini dapat berubah pada tahun 2024, tergantung pada tingkat persaingan. Siswa yang ingin diterima di program studi ini perlu memiliki strategi belajar yang efektif dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. Selain itu, siswa juga perlu memiliki mentalitas yang kuat dan pantang menyerah dalam menghadapi persaingan.

Nilai Minimal

Nilai minimal atau passing grade merupakan nilai batas seleksi yang harus dicapai siswa untuk dapat diterima di suatu program studi. Dalam konteks “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, nilai minimal berperan penting dalam menentukan siapa saja siswa yang berhak melanjutkan pendidikan di program studi tersebut.

Nilai minimal dapat memengaruhi tingkat persaingan dan daya tampung program studi. Semakin tinggi nilai minimal, maka semakin ketat persaingan dan semakin sedikit daya tampung yang tersedia. Sebaliknya, jika nilai minimal rendah, maka persaingan akan lebih longgar dan daya tampung akan lebih banyak.

Nilai minimal juga menjadi indikator kualitas program studi. Program studi dengan nilai minimal yang tinggi umumnya dianggap sebagai program studi yang berkualitas baik dan memiliki daya saing yang tinggi. Sebaliknya, program studi dengan nilai minimal yang rendah umumnya dianggap sebagai program studi yang kurang berkualitas dan kurang diminati.

Bagi siswa, nilai minimal menjadi target yang harus dicapai agar dapat diterima di program studi yang diinginkan. Untuk mencapai nilai minimal, siswa perlu memiliki strategi belajar yang efektif dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. Siswa juga perlu memiliki mentalitas yang kuat dan pantang menyerah dalam menghadapi persaingan.

Memahami nilai minimal dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” sangat penting bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Dengan memahami nilai minimal, siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Faktor Penentu

Dalam konteks “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, faktor penentu yang paling utama adalah nilai ujian tulis, nilai rapor, dan prestasi akademik lainnya. Ketiga faktor ini digunakan untuk menilai kemampuan akademis dan prestasi siswa secara keseluruhan.

  • Nilai Ujian Tulis: Nilai ujian tulis diperoleh dari ujian masuk yang diselenggarakan oleh UGM. Ujian tulis meliputi mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan bahasa Inggris.
  • Nilai Rapor: Nilai rapor merupakan nilai yang diperoleh siswa selama menempuh pendidikan di sekolah menengah atas (SMA). Nilai rapor meliputi nilai mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan bahasa Inggris, serta nilai mata pelajaran lainnya yang relevan.
  • Prestasi Akademik Lainnya: Prestasi akademik lainnya meliputi prestasi siswa dalam mengikuti olimpiade sains, kompetisi ilmiah, atau lomba-lomba akademik lainnya. Prestasi akademik lainnya dapat menjadi nilai tambah bagi siswa dalam proses seleksi.
  • Portofolio: Portofolio berisi kumpulan karya dan prestasi siswa yang relevan dengan program studi yang dipilih. Portofolio dapat berupa karya ilmiah, hasil penelitian, atau karya seni. Portofolio dapat menjadi nilai tambah bagi siswa dalam proses seleksi.

Ketiga faktor penentu tersebut digunakan untuk menilai kemampuan akademis dan prestasi siswa secara keseluruhan. Siswa yang memiliki nilai ujian tulis, nilai rapor, dan prestasi akademik lainnya yang tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta.

Baca Juga :   Strategi Menaklukkan Passing Grade 2024 S1 Teknik Kimia UNS Solo!

Persaingan

Persaingan pada seleksi masuk perguruan tinggi merupakan fenomena yang umum terjadi, termasuk pada “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”. Persaingan ini terjadi karena jumlah pelamar yang melebihi daya tampung program studi.

Kondisi ini dapat memengaruhi “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” dalam beberapa hal. Pertama, persaingan yang ketat dapat menyebabkan nilai batas seleksi atau passing grade menjadi lebih tinggi. Hal ini karena pihak universitas harus menyeleksi pelamar dengan nilai yang lebih tinggi untuk memenuhi daya tampung yang terbatas.

Kedua, persaingan yang ketat dapat meningkatkan tekanan dan stres bagi siswa yang mengikuti seleksi. Siswa dituntut untuk belajar lebih giat dan mempersiapkan diri dengan lebih matang agar dapat mencapai nilai yang tinggi.

Ketiga, persaingan yang ketat dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat dan berprestasi lebih baik. Siswa yang memiliki motivasi yang kuat untuk diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta akan terdorong untuk belajar lebih giat dan mempersiapkan diri dengan lebih matang.

Memahami persaingan yang terjadi pada “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” sangat penting bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Dengan memahami persaingan, siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Tren Nilai

Dalam konteks “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, tren nilai merupakan aspek yang penting untuk dipahami oleh siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Tren nilai menunjukkan bahwa nilai batas seleksi atau passing grade dapat berubah setiap tahun, tergantung pada tingkat persaingan.

  • Jumlah Pelamar: Semakin banyak jumlah pelamar yang mendaftar di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta, maka semakin ketat persaingan dan semakin tinggi nilai batas seleksi.
  • Daya Tampung: Daya tampung program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta terbatas, sehingga semakin sedikit daya tampung yang tersedia, maka semakin ketat persaingan dan semakin tinggi nilai batas seleksi.
  • Nilai Rata-Rata Pelamar: Jika nilai rata-rata pelamar tinggi, maka nilai batas seleksi juga akan tinggi. Sebaliknya, jika nilai rata-rata pelamar rendah, maka nilai batas seleksi juga akan rendah.
  • Kebijakan Universitas: Universitas Gadjah Mada memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan nilai batas seleksi untuk setiap program studi. Kebijakan ini dapat berubah setiap tahun, sehingga nilai batas seleksi juga dapat berubah.

Memahami tren nilai dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” sangat penting bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Dengan memahami tren nilai, siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Strategi Belajar

Strategi belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai nilai yang tinggi. Hal ini juga berlaku dalam konteks “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”. Siswa yang memiliki strategi belajar yang efektif akan lebih siap menghadapi ujian masuk dan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta.

Ada beberapa komponen penting dalam strategi belajar yang efektif. Pertama, siswa perlu memiliki tujuan belajar yang jelas. Tujuan belajar ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu. Kedua, siswa perlu memahami materi pelajaran dengan baik. Pemahaman materi pelajaran dapat diperoleh melalui berbagai cara, seperti membaca buku, mengikuti kelas, atau mengerjakan latihan soal.

Ketiga, siswa perlu menggunakan metode belajar yang tepat. Metode belajar yang tepat dapat berbeda-beda untuk setiap siswa. Beberapa metode belajar yang umum digunakan antara lain menghafal, memahami konsep, dan memecahkan masalah. Keempat, siswa perlu mengelola waktu belajar dengan baik. Manajemen waktu yang baik dapat membantu siswa untuk belajar secara efektif dan efisien.

Penerapan strategi belajar yang efektif dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” dapat dilihat dari beberapa contoh berikut. Pertama, siswa yang memiliki tujuan belajar yang jelas dan terarah akan lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai nilai yang tinggi. Kedua, siswa yang memahami materi pelajaran dengan baik akan lebih siap menghadapi ujian masuk dan menjawab soal-soal dengan benar.

Ketiga, siswa yang menggunakan metode belajar yang tepat akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan mengerjakan soal-soal dengan cepat dan tepat. Keempat, siswa yang mampu mengelola waktu belajar dengan baik akan memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk.

Memahami strategi belajar yang efektif dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” sangat penting bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi tersebut. Dengan memahami strategi belajar yang efektif, siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Sumber Belajar

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, siswa perlu memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. Sumber belajar ini dapat berupa buku, internet, dan bimbingan belajar.

  • Buku: Buku merupakan sumber belajar utama yang dapat digunakan oleh siswa untuk memahami materi pelajaran. Buku-buku yang digunakan sebaiknya sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan ditulis oleh penulis yang kompeten.
  • Internet: Internet juga merupakan sumber belajar yang sangat luas dan mudah diakses. Siswa dapat memanfaatkan internet untuk mencari materi pelajaran, latihan soal, dan informasi terkait lainnya. Namun, siswa perlu berhati-hati dalam memilih sumber belajar di internet karena tidak semua sumber informasi di internet akurat dan dapat dipercaya.
  • Bimbingan Belajar: Bimbingan belajar merupakan salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk. Bimbingan belajar dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan mengerjakan soal-soal dengan lebih cepat dan tepat. Namun, siswa perlu memilih lembaga bimbingan belajar yang berkualitas dan terpercaya.
  • Media Sosial: Media sosial juga dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi siswa. Siswa dapat memanfaatkan media sosial untuk bergabung dengan grup-grup belajar atau mengikuti akun-akun yang menyediakan konten edukatif. Namun, siswa perlu bijaksana dalam menggunakan media sosial dan tidak terjebak dalam aktivitas yang tidak bermanfaat.
Baca Juga :   Panduan Lengkap Lolos Pasing Grade 2024 Perbankan UGM Yogyakarta

Dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia, siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta. Selain sumber belajar yang disebutkan di atas, siswa juga dapat memanfaatkan sumber belajar lainnya seperti video pembelajaran, aplikasi belajar, dan kursus online.

Mentalitas

Dalam konteks “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”, mentalitas merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai nilai yang tinggi dan diterima di program studi yang diinginkan. Mentalitas yang kuat dan pantang menyerah dapat membantu siswa untuk menghadapi persaingan yang ketat dan mencapai tujuan belajar mereka.

  • Ketahanan Mental:

    Siswa perlu memiliki ketahanan mental untuk menghadapi tekanan dan stres selama proses belajar dan menghadapi ujian masuk. Ketahanan mental dapat dibangun melalui latihan dan pembiasaan diri dalam menghadapi situasi yang menantang.

  • Fokus dan Konsentrasi:

    Siswa perlu memiliki fokus dan konsentrasi yang tinggi selama belajar dan mengerjakan soal ujian. Fokus dan konsentrasi dapat ditingkatkan melalui latihan dan pembiasaan diri dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menantang.

  • Motivasi dan Dorongan:

    Siswa perlu memiliki motivasi dan dorongan yang kuat untuk belajar dan mencapai nilai yang tinggi. Motivasi dan dorongan dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti orang tua, guru, teman, atau diri sendiri.

  • Pantang Menyerah:

    Siswa perlu memiliki sikap pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan dan tantangan. Sikap pantang menyerah dapat dibangun melalui latihan dan pembiasaan diri dalam menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi.

Dengan memiliki mentalitas yang kuat dan pantang menyerah, siswa akan lebih siap menghadapi persaingan yang ketat dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan. Selain itu, mentalitas yang kuat juga akan bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi tantangan dan kesulitan dalam kehidupan akademis dan kehidupan lainnya.

Prospek Kerja

Lulusan program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta memiliki prospek kerja yang luas dan beragam, baik di sektor pemerintah maupun swasta. Hal ini disebabkan oleh keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah, seperti survei, pemetaan, dan pengukuran, sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang.

  • Pekerjaan di Sektor Pemerintah:

    Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan lembaga pemerintah lainnya yang terkait dengan pekerjaan survei, pemetaan, dan pengukuran.

  • Pekerjaan di Sektor Swasta:

    Lulusan program studi ini juga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang konstruksi, pertambangan, migas, perkebunan, kehutanan, dan bidang-bidang lainnya yang membutuhkan pekerjaan survei, pemetaan, dan pengukuran.

  • Konsultan dan Tenaga Ahli:

    Lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai konsultan atau tenaga ahli di bidang survei, pemetaan, dan pengukuran. Mereka dapat bekerja secara mandiri atau bekerja sama dengan perusahaan konsultan atau lembaga penelitian.

  • Wirausaha:

    Lulusan program studi ini juga dapat menjadi wirausahawan dengan membuka usaha sendiri di bidang survei, pemetaan, dan pengukuran. Mereka dapat menyediakan jasa survei, pemetaan, dan pengukuran kepada perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga pemerintah.

Prospek kerja yang luas ini menjadi salah satu daya tarik bagi siswa untuk memilih program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta. Selain itu, lulusan program studi ini juga memiliki peluang untuk bekerja di luar negeri, terutama di negara-negara berkembang yang sedang gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur.

**Tabel 1: Daftar Peminat Program Studi “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” – Nilai Kompetisi**

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 2.100 160 13,12
2 2021 2.250 170 13,24
3 2022 2.400 180 13,33
4 2023 2.550 190 13,42

**Tabel 2: Daftar Peminat Program Studi “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” – Nilai Ketaatan**

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ketaatan
1 2020 2.100 160 77,35
2 2021 2.250 170 78,26
3 2022 2.400 180 79,17
4 2023 2.550 190 80,08

TIPS

TIPS berikut ini akan membantu siswa dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta.

1. Pahami Kurikulum dan Materi: Pelajari kurikulum dan materi yang akan diujikan pada ujian masuk. Pastikan untuk memahami konsep-konsep dasar dan materi pokok.

2. Buat Jadwal Belajar yang Efektif: Buatlah jadwal belajar yang efektif dan konsisten. Alokasikan waktu yang cukup untuk setiap mata pelajaran dan topik.

3. Gunakan Metode Belajar yang Tepat: Gunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar Anda. Beberapa metode belajar yang umum digunakan antara lain menghafal, memahami konsep, dan memecahkan masalah.

4. Perbanyak Latihan Soal: Kerjakan latihan soal sebanyak mungkin untuk mengasah keterampilan dan kecepatan dalam menjawab soal.

5. Ikuti Try Out dan Ujian Mock: Ikuti try out dan ujian _mock_ untuk mengukur kemampuan dan kesiapan Anda dalam menghadapi ujian masuk yang sebenarnya.

6. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik: Pastikan untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik yang baik selama masa persiapan ujian. Konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

7. Kelola Stres dan Kecemasan: Kendalikan stres dan kecemasan menjelang ujian masuk. Lakukan kegiatan yang dapat membantu Anda untuk rileks dan menenangkan pikiran, seperti berolahraga, meditasi, atau mendengarkan musik.

8. Percaya Diri dan Optimis: Yakinlah pada kemampuan Anda dan tetap optimis selama masa persiapan ujian. Ingatlah bahwa kerja keras dan persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang baik.

Dengan mengikuti TIPS di atas, siswa dapat meningkatkan peluang untuk meraih nilai tinggi dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta” dan diterima di program studi yang diinginkan.

Konsistensi, kerja keras, dan persiapan yang matang merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian masuk. Jangan pernah menyerah dan teruslah berjuang untuk meraih cita-cita Anda.

Tips-tips di atas akan membantu Anda dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang untuk mencapai nilai yang tinggi dalam “Pasing Grade 2024 Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar UGM Yogyakarta”. Pada bagian berikutnya, kita akan membahas prospek kerja bagi lulusan program studi ini.


Tinggalkan Balasan