Tugas Sekretaris Osis Lengkap

 1,158 total views

tugas sekretaris osis lengkap
image source : bing.com

Selamat datang di artikel ini. Saya ingin membahas tentang tugas sekretaris OSIS yang lengkap dan penting untuk diketahui. Sebagai seorang sekretaris OSIS, tugasnya lebih dari sekadar mengetik dan mencatat. Ada tugas-tugas yang harus dipenuhi untuk membuat kegiatan OSIS berjalan lancar. Oleh karena itu, saya akan membahas secara rinci tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang sekretaris OSIS.

Mencatat dan Menyimpan Rapat

Tugas pertama dari seorang sekretaris OSIS adalah mencatat dan menyimpan rapat. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar semua keputusan yang sudah dibuat bisa dijadikan acuan di masa yang akan datang. Selain itu, menyimpan rapat juga membantu dalam evaluasi dan perbaikan kegiatan OSIS di masa depan.

Mengelola Surat-menyurat

Seorang sekretaris OSIS juga bertanggung jawab untuk mengelola surat-menyurat. Hal ini termasuk mengirim dan menerima surat, serta mengarsipkannya. Surat-menyurat ini bisa berupa undangan, permohonan sponsor, atau surat lainnya yang berhubungan dengan kegiatan OSIS.

Menyiapkan Agenda Rapat

Sekretaris OSIS juga bertanggung jawab untuk menyiapkan agenda rapat. Agenda ini harus disusun dengan baik agar rapat bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Agenda rapat harus memuat urutan pembahasan, durasi setiap pembahasan, dan nama pembicara.

Mengirimkan Notulen

Notulen adalah rangkuman dari setiap rapat yang dilakukan oleh OSIS. Tugas dari sekretaris OSIS adalah mengirimkan notulen tersebut ke seluruh anggota OSIS. Notulen ini penting untuk dijadikan acuan dan evaluasi kegiatan OSIS selanjutnya.

Baca Juga :   Tugas Wakil Kepala Sekolah

Menjaga Ketersediaan Dokumen Penting

Seorang sekretaris OSIS juga bertanggung jawab untuk menjaga ketersediaan dokumen penting. Dokumen-dokumen ini bisa berupa anggaran kegiatan, rencana kerja, atau laporan kegiatan. Dokumen penting harus disimpan dengan rapi dan mudah diakses oleh seluruh anggota OSIS.

Mengkoordinasikan Kegiatan OSIS

Sekretaris OSIS juga harus bisa mengkoordinasikan kegiatan OSIS dengan baik. Hal ini termasuk mengatur jadwal, menyiapkan perlengkapan, dan memastikan seluruh anggota OSIS bisa hadir dalam kegiatan tersebut. Dengan koordinasi yang baik, kegiatan OSIS bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Menjaga Komunikasi dengan Anggota OSIS

Sekretaris OSIS juga harus bisa menjaga komunikasi yang baik dengan seluruh anggota OSIS. Hal ini penting untuk memastikan semua informasi terkait kegiatan OSIS bisa tersampaikan dengan baik dan tidak ada yang terlewatkan.

Mengurus Administrasi OSIS

Administrasi OSIS termasuk surat izin kegiatan, surat tugas, dan surat keterangan. Sekretaris OSIS harus bisa mengurus administrasi tersebut dengan baik dan tepat waktu.

Menyiapkan Laporan Kegiatan

Sekretaris OSIS harus bisa menyiapkan laporan kegiatan dengan baik. Laporan kegiatan ini harus memuat hasil dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh OSIS. Laporan ini penting untuk dijadikan acuan dan evaluasi kegiatan OSIS selanjutnya.

Kesimpulan

Tugas sekretaris OSIS sangatlah penting dan lengkap. Dari mencatat dan menyimpan rapat, mengelola surat-menyurat, hingga menyiapkan laporan kegiatan, semuanya harus dilakukan dengan baik dan tepat waktu. Dengan menjalankan tugas-tugas tersebut, kegiatan OSIS bisa berjalan lancar dan sukses.

Tinggalkan Balasan